Sabtu, 28 Maret 2015


TUJUAN METODOLOGI STUDI ISLAM

Dalam era moderen ini studi islam menjadi sangat penting. Karena agama, termasuk islam memerankan sejumlah peran dan fungsi di masyarakat. Studi islam sendiri diharapkan dapat  melahirkan suatu  masyarakat yang siap hidup bertoleran (tasamuh) dalam wacana pluralitas agama, sehingga tidak melahirkan muslim ekstrem yang membalas kekerasan agama dengan kekerasan agama pula. Secara detail arah dan tujuan studi Islam sendiri dapat dirumuskan sebagai berikut:
  1. Untuk mempelajari secara mendalam tentang apa sebenarnya (hakikat)agama Islam itu, dan bagaimana posisi serta hubungannya dengan agama-agama lain dalam kehidupan budaya manusia.
  2.  Untuk mempelajari secara mendalam pokok-pokok isi ajaran agama Islam yang asli, dan bagaimana penjabaran serta operasionalisasinya dalam pertumbuhan dan perkembangan budaya dan peradaban Islam sepanjang sejarahnya.
  3.  Untuk mempelajari secara mendalam sumber dasar ajaran agama islam yang tetap abadi dan dinamis, dan bagaimana aktualisasinya.
  4.  Untuk mempelajari secara mendalam prinsip-prinsip dan nili-nilai dasar ajaran agama Islam, dan bagaimana realisasinya dalam membimbing dan mengarahkan serta mengontrol perkembangan budaya dan peradaban manusia pada zaman modern ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar